KRONOLOGIS KERUSUHAN WARGA MYANMAR DI MEDAN 2013 Bentrok Rohingya Berdarah 8 ABK Myanmar Tewas Dikeroyok

YOUTUBE BENTROK ANTAR WARGA MYANMAR MEDAN 2013 Video Pengungsi Rohingya Rusuh KRONOLOGIS KERUSUHAN WARGA MYANMAR DI MEDAN 2013 Bentrok Berdarah 8 ABK Myanmar Tewas Dikeroyok. Bentrokan antarwarga Myanmar di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan, Jalan Selebes, Belawan, Jumat (5/4/2013) dinihari tadi menyebabkan delapan orang tewas. Polisi menyatakan kasus itu dipicu masalah pelecehan seksual. Lihat video klip SNSD Beep Beep youtube lagu terbaru dan video kasus dukun sakti Eyang Subur vs Adi Bing Slamet.

Dalam penjelasannya Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut), Komisaris Besar Polisi Raden Heru Prakoso menyatakan, kronologi kasusnya bermula sejak sehari sebelumnya.

Pada Kamis (4/4) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB, tiga perempuan dari etnis Rohingya yang ada di Rudenim melapor kepada Ustad Ali. Ali merupakan sosok yang dituakan oleh 153 orang pengungsi etnis Rohingya yang ada di Rudenim.

Ketiga wanita itu mengaku mengalami pelecehan seksual secara fisik dari kelompok Myanmar lainnya, kelompok Anak Buah Kapal (ABK) Myanmar yang tertangkap karena melakukan penangkapan ikan ilegal di Indonesia. Mereka sama-sama ditempatkan di Rudenim.

Atas laporan ini, Ali kemudian menyampaikan persoalan kepada pihak petugas imigrasi yang ada di Rudenim. Pertemuan pun digagas pada Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB. Pada saat itu kedua belah pihak sepakat damai.

"Pada saat itu clear, selesai," tukas Heru kepada wartawan di Medan, Jumat sore.

Usai pertemuan itu, kelompok Rohingya melakukan diskusi. Mereka terkesan tidak puas dengan kesepakatan yang diambil dalam pertemuan yang difasilitasi Rudenim. Ketika sedang berdiskusi itu, ada kelompok ABK yang menyeletuk, memancing suasana.

Tak lama kemudian, si ABK yang nyeletuk tadi masuk ke dalam dan kemudian keluar lagi membawa senjata tajam. Dia lalu menusuk Ali. Pergumulan terjadi, senjata itu dapat direbut Ali dan tindakan tersebut dibalas.

"Di situlah spontan pengungsi Rohingya yang berada di lantai dua melakukan pengeroyokan terhadap delapan ABK WN Myanmar. Sehingga seluruhnya meninggal di Tempat Kejadian Perkara," kata Heru.

Para korban menderita luka memar dan luka akibat tusukan benda tajam, yang diduga berasal dari pecahan meubeler berupa meja dan kursi yang ada di barak tersebut. Para korban tewas itu, masing-masing Minmin (42), Wintun (32), Aung Thu Win (24), Myo Oo (20), San Lwin (45), Aung Than (44), Nawe (23) dan Aye Win (23).

Mayat mereka kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi, Jalan HM Yamin, Medan untuk diautopsi. Sementara 18 tersangka yang sudah ditetapkan dalam kasus ini ditahan di Markas Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan di Jalan Pelabuhan Raya, Belawan. Video kronologis bentrok warga Myanmar 2013 youtube kerusuhan pengungsi Rohingya di Medan ABK Myanmar dibantai.

Comments