HARGA KARCIS KRL JABODETABEK TARIF PROGRESIF Sistem Terbaru Tiket Elektronik KRL

SISTEM E-TICKETING KRL Jabodetabek Tarif Commuter Line 2013 HARGA KARCIS KRL JABODETABEK TARIF PROGRESIF Sistem Terbaru Tiket Elektronik KRL. Tarif progresif per stasiun mulai Rp 3.000 untuk KRL Jabodetabek alias Commuter Line nanti akan diterapkan dengan sistem tiket elektronik (e-ticketing) mulai Juni 2013. Bagaimana sistem tiket elektronik ini akan bekerja? Lihat foto Winda Anggraini korban kecelakaan Camry positif pemakai sabu.

Sistem ini dijelaskan Dirut PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Ignatius Tri Handoyo dalam jumpa pers di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Caranya adalah penumpang membeli tiket seperti biasa di loket dan menyebutkan stasiun tujuan. Setelah itu petugas menginput stasiun asal dan stasiun tujuan dalam kartu tiket elektronik.

"Penumpang hanya bisa turun di stasiun tujuan. Jika stasiun tujuan tidak sesuai dengan yang tertulis di smart card, maka penumpang tidak bisa keluar stasiun karena pintu keluar stasiun tidak akan terbuka," imbuh Tri.

Sistem tersebut untuk single trip alias perjalanan tunggal. PT KCJ juga akan menyediakan kartu pintar bagi yang hendak melakukan perjalanan berganda alias multitrip.

"Untuk multitrip tidak ada expirednya, bisa di-top up (isi ulang)," jelas dia.

Namun berapa besaran tarif minimal dan maksimal multitrip dalam kartu pintar itu, masih dalam rumusan dan belum ditentukan.

PT KAI memaparkan tarif Commuter Line untuk 5 stasiun pertama dari stasiun keberangkatan penumpang dikenakan Rp 3 ribu. Dan untuk selanjutnya pentarifan dihitung per 3 stasiun dengan tarif sebesar Rp 1.000. Tarif ini mulai berlaku Juni 2013, saat sistem tiket elektronik berlaku juga seiring dengan penggantian gerbong KRL Ekonomi NonAC.

Kebijakan tarif progresif ini menggantikan single tarif Rp 8.000 - Rp 9.000 (jauh-dekat) yang berlaku selama ini. Sistem Tarif Progresif KRL Jabodetabek Harga Karcis Commuter Line 2013 E-Ticketing.

Comments