TIPS CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL Manfaat Minum Air Putih Untuk Ginjal

FOTO CEWEK CANTIK OLAH RAGA Air Putih Cukup Ginjal Sehat
TIPS CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL Manfaat Minum Air Putih Untuk Ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting dalam menjaga sistem metabolik tubuh. Ginjal juga berfungsi sebagai penyaring racun dan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu jagalah selalu kesehatan ginjal Anda.Lihat juga tips cara menutup kartu kredit yang aman.

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan banyak minum air. "Mengonsumsi 2 sampai 3 liter air putih dalam sehari maka kita dapat menekan lajunya pertumbuhan insiden atau pasien yang baru memasuki kasus ginjal," kata Dr.dr. Parlindungan Siregar, SpPD, KGH.Hal itu disampaikan dia dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia di Hotel Grand Sahid, Jl Sudirman, Jakarta.

Air dan ginjal memiliki kaitan yang sangat erat. Dengan adanya asupan air yang cukup maka akan menghambat infeksi saluran kemih serta batu pada saluran kemih. 

"Volume urine akan meningkat sehingga kemampuan bakteri untuk bertahan dalam tubuh sangat kecil," terang dr Parlindungan. Asupan air yang benar adalah air putih, bukan teh, sirup, apalagi kopi.

Terkait hal ini, produsen makanan dan minuman, Danone telah melakukan penelitian mengenai hal ini. Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh dapat melemahkan fungsi kognitif, yaitu melemahnya memori dan konsentrasi pada otak. "Air adalah cara hidrasi paling sehat. 60 persen manusia dewasa terdiri dari air, oleh sebab itu air sebagai zat gizi esensial harus tetap terpenuhi," ujar Direktur Departemen Hidrasi & Kesehatan Danone Research, Prancis, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.Di kesempatan yang sama, dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH selaku Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) menyebut penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi bisa memicu penyakit ginjal kronis.

Namun hal ini bukan berarti tidak dapat dicegah."Dengan asupan air yang cukup maka semua dapat diatasi. Jagalah pola hidup Anda dari sekarang karena sekali ginjal mengalami kerusakan ia tidak dapat normal kembali," pesan dr Dharmeizar.

Ada 8 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat. Langkah-langkah tersebut yakni rutin berolahraga, menjaga kadar gula darah tetap stabil, menjaga tekanan darah dalam batas normal, mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta menjaga berat badan, dan minum banyak air putih. Cara selanjutnya adalah dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan sembarangan, serta memeriksa fungsi ginjal apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko.

Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap hari Kamis di pekan kedua bulan Maret. Tujuan peringatan ini adalah agar masyarakat lebih waspada akan penyakit yang bisa menyerang ginjal, sehingga akan lebih menyayangi ginjalnya. Selamat Hari Ginjal Sedunia. Langkah-langkah merawat ginjal tetap sehat tips cara menjaga kesehatan ginjal.

Comments