PREDIKSI PEMENANG PILKADA JATENG 2013 Quick Count Pilgub Jawa Tengah

RAMALAN QUICK COUNT PILGUB JATENG 2013 Pilkada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah PREDIKSI PEMENANG PILKADA JATENG 2013 Quick Count Pilgub Jawa Tengah. Suara PDIP dalam Pilgub Jawa Tengah (Jateng) terancam pecah, menyusul tak terpilihnya Rustriningsih sebagai Cagub yang diusung PDIP. Padahal, Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih mempunyai basis massa kuat di daerah Jateng bagian selatan. Lihat ancaman bom ledakkan KPU Sumut protes hasil pemenang Pilgub Sumut 2013 dan pengakuan saksi palsu kasus Ardina Rasti vs Eza Gionino.

Dengan tidak terpilihnya Rustri, ada kemungkinan pendukung Rustri akan mengalihkan dukungannya ke calon bukan dari PDIP. Prediksi pemenang pilkada Jateng 2013, duet PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko diyakini bakal menguasai suara terbesar pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah di Solo dan sekitarnya. Hanya, PDIP harus berhati-hati dengan pergerakan politik di luar calon yang ada.

Pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Supriyadi, mengatakan duo Ganjar-Heru masih akan meraih hasil quick count Pilgub Jateng 2013 terbesar di Soloraya. Hal itu merujuk kuatnya bassis massa PDIP di wilayah tersebut.

“Meski popularitas Ganjar tak sebagus Rustriningsih, saya pikir dia tetap berjaya di Solo,” ujarnya saat dihubungi.

Barisan Sakit Hati

Supriyadi mengakui terpilihnya Ganjar sebagai cagub PDIP di luar prediksi. Namun hal itu dinilai tak menjadi ganjalan lantaran basis politik PDIP cukup besar di pantai selatan.

Untuk Soloraya, Ganjar diprediksi akan mendapat suara signifikan di Solo, Wonogiri dan tempat kelahirannya, Karanganyar. Meski demikian, Supriyadi menilai direkomendasi Ganjar bisa menjadi pilihan riskan. Kondisi itu mengacu pada “barisan sakit hati” yakni pendukung Rustriningsih. Ia menyebut simpatisan Rustri bisa saja memberikan dukungannya pada calon lain.

Diketahui, Rustri adalah saingan berat Ganjar dalam meraih rekomendasi cagub PDIP. “Di sini, pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono bisa sangat diuntungkan. Mereka akan mendapat limpahan suara dari fans Rustri jika PDIP tak berhati-hati,” tuturnya.

Meski menjagokan Ganjar-Heru, dia menyebut pasangan itu sebenarnya lemah. Hal tersebut juga berlaku pada dua pasangan lain yakni Bibit Waluyo-Sudijono dan Hadi-Don Murdono. Dia menilai ketiga pasangan yang ada belum mengakar di masyarakat Jateng.

“Ganjar memang pintar dan kuat di struktural partai, tapi dia belum mendapat legalitas memimpin dari bawah. Sama halnya Bibit yang justru sering mengecewakan rakyat.”

Sementara pengamat politik Muh Jamin menilai PDIP harus bekerja ekstra keras untuk memenangkan pilgub. Senada Supriyadi, ia menilai simpatisan Rustri bisa berpaling dari PDIP jika tak ada lobi khusus.

“Pak Ganjar harus melobi Bu Rustri, istilahnya kulanuwun. Jika tidak akan berbahaya untuk suara PDIP,” katanya. Ramalan pemenang Pilgub Jateng 2013 pemilukada Jawa Tengah hasil quick count Pilkada Jateng tahun 2013.

Comments