LATAR BELAKANG KASUS PENEMBAKAN LAPAS SLEMAN CEBONGAN JOGJA Kematian Anggota Kopasus Cafe Hugo

VIDEO KERUSUHAN LAPAS SLEMAN JOGJA 2013 Youtube Kopasus vs Polri Kasus Cafe Hugo LATAR BELAKANG KASUS PENEMBAKAN LAPAS SLEMAN CEBONGAN JOGJA Kematian Anggota Kopasus Cafe Hugo. Update Kopassus vs Polisi - Sampai saat ini belum diketahui apa motif penembakan yang dilakukan kelompok bersenjata kepada empat tahanan Lapas Cebongan Sleman Yogyakarta. Namun, diduga motif penembakan itu adalah balas dendam atas kematian anggota Kopassus pada Selasa 19 Maret 2013 dini hari.

"Melihat korban yang diincar, ditembak dan meninggal, maka memang patut diduga sangat erat kaitannya dengan balas dendam dengan kematian anggota Kopassus," kata Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Indra di Jakarta, Sabtu 23 Maret 2013.

Selain itu, kata Indra, pelaku penembakan itu diduga kelompok orang yang sangat terlatih. Sebab, jika dilihat dari pola dan proses kejadian yang berlangsung cepat, rapi dan menggunakan senjata lengkap maka dipastikan kelompok ini sangat terlatih dan terorganisir.

"Tentunya apabila ada keseriusan dan kesungguhan dalam mengusut dan mengungkap kasus ini, dengan melihat dugaan fakta-fakta tersebut akan dengan mudah mengidentifikasi pihak mana dan siapa para pelaku tersebut," ujar politisi PKS ini.

Kejadian ini, menurut Indra, akan mengancam rasa keamanan publik. Sebab, layaknya hukum rimba, siapa yang kuat, bersenjata, berkuasa dapat bertindak semaunya dan main hakim sendiri.

Karena itu, Komisi III, kata Indra, akan mendesak Kepala Kepolisian Jenderal Timur Pradopo dan pihak-pihak terkait untuk segera mengungkap pelaku.

"Equality before the law harus benar-benar diterapkan. Jangan sampai kasus ini dikaburkan dan dipeti es-kan tanpa jelas pihak-pihak yang bertanggungjawab. Karena apabila tidak tuntas pengungkapannya, maka akan menimbulkan ketidakpercayaan publik pada penegakkan hukum di negeri ini," kata dia.

Empat orang yang tewas ditembak membabi buta ini adalah Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31), Yohanes Juan Mambait (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33).

Mereka ditangkap dan berstatus tersangka setelah terlibat penganiayaan yang menewaskan personel Intel Kodam Diponegoro Serka Heru Santoso di Hugo's Cafe pada Selasa 19 Maret 2013 dinihari.

Di Lapas Cebongan, keempatnya merupakan tahanan titipan dari Polda DIY dan baru saja dipindahkan Jumat 22 Maret 2013 siang dengan alasan ruang tahanan Polda sedang direnovasi. Namun belum sehari menghuni lapas, Sabtu dinihari mereka ditembak gerombolan kelompok bersenjata. Latar belakang penyebab serangan Lapas Sleman Jogja 2013 penembakan tahanan kasus Cafe Hugo Kopassus vs Polisi.

Comments