ASTEROID RAKSASA 2013 ET MELINTASI BUMI Prediksi Bahaya Hujan Meteor Mirip Di Rusia

FOTO ASTEROID 2013 ET Ramalan Hujan Meteor Terbaru
ASTEROID RAKSASA 2013 ET MELINTASI BUMI Prediksi Bahaya Hujan Meteor Mirip Di Rusia. Asteroid seukuran lebar lapangan bola ditemukan oleh Virtual Telescope Project yang berbasis di Italia. Benda luar angkasa dengan lebar 330 kaki (100 meter) ini akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 960 ribu kilometer. Lihat spesifikasi harga S Nexian 8Mini vs iPad Mini.

Dilansir Nbcnews, asteroid (2013 ET) ini kemungkinan melewati sisi Bumi pada Sabtu (9/3). Kabarnya, asteroid seukuran lapangan bola ini mendekati Bumi setelah asteroid dengan lebar 10 meter (2013 EC) mencapai jarak terdekat dengan Bumi di 370 ribu kilometer pada awal Senin.

Asteroid kode nama 2013 ET ini akan melewati Bumi dengan jarak setara dengan 2,5 kali lipat jarak antar Bumi dengan Bulan. Sehingga, ini akan terlalu samar dan jauh untuk diamati di langit malam.

Akan tetapi, Virtual Telescope Project yang berlokasi di Italia akan menyediakan video webcast atau pemandangan langsung untuk mengamati batu luar angkasa tersebut. Anda bisa mengakses video webcast tersebut.

Astronom mengatakan, asteroid besar ini tidak akan memberikan dampak bahaya terhadap Bumi. Asteroid 2013 ET ini sama seperti asteroid 2013 EC yang tidak akan menimbulkan ancaman terhadap Bumi.

Astronom memperkirakan bahwa jumlah asteroid dekat Bumi mencapai hingga 1 juta. Namun, hanya 9.700 yang telah ditemukan sampai saat ini.

Astromom juga mengungkapkan, objek yang tidak terdeteksi bisa saja menghantam Bumi tanpa peringatan sebelumnya. Seperti yang terjadi pada 15 Februari 2013 lalu, di mana ledakan meteor menyebabkan ribuan penduduk Rusia luka-luka akibat terkena serpihan kaca yang dihasilkan gelombang kejut.

Ilmuwan NASA telah mengidentifikasi dan memetakan orbit dari 980 asteroid dekat Bumi, yang memiliki ukuran lebar sedikitnya 1 kilometer. Asteroid besar diyakini pernah menghantam Bumi 65 juta tahun lalu dan mengakibatkan kepunahan hewan purba, dinosaurus.

Comments